Senin, 11 Oktober 2010

Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB)


1. Misalnya kita menjatuhkan dua batu dari ketinggian yang sama. Batu A bermassa 2 kg dan batu B bermassa 3 kg. Batu mana yang lebih dahulu tiba di permukaan tanah ? jelaskan ! (anggap saja tidak ada gaya gesekan udara) (level 2)
2. Ketika sebuah benda melakukan Gerak Jatuh Bebas, apakah percepatannya bertambah atau berkurang ? jelaskan ! (level 2)
3. Tunjukkan bahwa pada Gerak Jatuh Bebas, benda melakukan GLBB ! (level 2)
4. Apa intisari dari Gerak Jatuh Bebas ? jelaskan ! (level 2)
5. Bagaimana hubungan antara kecepatan, waktu dan jarak pada Gerak Jatuh Bebas ? jelaskan ! (level 2)
6. Buah mangga yang ranum terlepas dari tangkainya dan jatuh menuju permukaan tanah. Jika tangkai buah berjarak 10 meter dari permukaan tanah dan massa buah mangga 5 gram, berapakah kecepatan buah mangga ketika tiba di tanah ? (level 3a)
7. Buah kelapa jatuh dari dahannya dan tiba di tanah dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa buah mangga 20 gram, berapa lama buah kelapa berada di udara ? (level 3a)
8. Sebuah helikopter mengalami kerusakan mesin dan jatuh bebas dari ketinggian 500 meter. Kapan helikopter menyentuh permukaan tanah ? (level 3b)
9. Dua batu dijatuhkan bersamaan dari ketinggian h1 da h2. Jika h1 : h2 = 1 : 2, berapa perbandingan antara t1 dan t2 ? (level 3b)
10. Seorang penerjun payung meloncat dari sebuah helikopter. Setelah jatuh sejauh 20 meter, penerjun payung membuka parasutnya sehingga ia mengalami perlambatan 2 m/s2. Jika ia tiba di tanah dengan kecepatan 4 m/s2, berapa lama penerjun tersebut berada di udara ? (level 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan soal usaha dan energi

Soal Impuls dan momentum