Senin, 11 Oktober 2010

Soal Perpindahan, Kelajuan, Kecepatan dan Percepatan


. Speedometer yang sering anda lihat pada sepeda motor atau mobil digunakan untuk mengukur kecepatan atau kelajuan ? jelaskan (level 1)
2. Apa yang anda ketahui tentang kecepatan dan percepatan ? (level 1)
3. Apa perbedaan antara kelajuan dan kecepatan ? (level 1)
4. Jelaskan hubungan antara percepatan dan perlambatan ! (level 1)
5. Dapatkah sebuah benda memiliki kecepatan ke timur dan percepatan ke barat ? (level 2)
6. Mungkinkah kecepatan sebuah benda negatif sedangkan percepatannya positif ? (level 2)
7. Jelaskan dengan contoh bilamana kecepatan sebuah benda positif sedangkan percepatannya negatif ! (level 2)
8. Sebuah pesawat, terbang dengan laju 600 km/jam. Kelajuan angin 20 km/jam dan berlawanan arah dengan kecepatan pesawat tersebut. Berapakah laju pesawat tersebut ? (level 2)
9. Berapakah laju rata-rata anda ketika menempuh 100 km dalam 2 jam ? (level 1)
10. Sebuah kapal laut bergerak dengan laju 60 km/jam. Jika kelajuan angin 20 km/jam dan searah dengan kecepatan kapal, berapakah perpindahan kapal tersebut setelah 1 jam ? (level 2)
11. Sebuah mobil dipercepat dari keadaan diam hingga bergerak dengan kecepatan 5 m/s ke arah timur. Jika mobil dipercepat selama 2 detik, berapakah percepatan rata-rata mobil tersebut ? (level 2)
12. Seorang pengendara sepeda motor memberikan perlambatan sebesar -5 m/s2 pada sepeda motor yang dikendarainya dengan menginjak pedal rem. Jika sepeda motor berhenti setelah 1 menit, berapakah laju sepeda motor tersebut sebelum direm? (level 2)
13. Seandainya dirimu mengendarai sepeda motor dengan laju rata-rata 90 km/jam. Di depan anda terdapat sebuah traffic light (bangjo alias lampu merah)dan dibutuhkan waktu 2 menit untuk mencapainya dihitung dari posisi anda saat iniBerapakah perlambatan rata-rata yang harus diberikan agar anda tidak dikejar polisi karena menerobos traffic light yang sedang bernyala merah ? (level 3)

15. Misalnya anda mengendarai sebuah mobil dengan laju 10 m/s. Di depan anda terdapat seorang nenek yang sedang menyeberang jalan dan dibutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai posisi nenek tersebut. Jika anda memberikan perlambatan rata-rata sebesar 5 m/s2, apakah nenek tersebut tertabrak atau tidak ? jika dirimu tidak ingin masuk bui, berapakah perlambatan rata-rata minimum yang harus diberikan agar mobil anda bisa berhenti sebelum mencium nenek itu ? (level 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan soal usaha dan energi

Soal Impuls dan momentum