Senin, 11 Oktober 2010

Soal Gerak Melingkar Beraturan (GMB)


1. Pada GMB, besaran vektor apakah yang selalu tetap ? (level 1)
2. Pada Gerak Lurus Beraturan, tidak ada percepatan gerak benda. Bagaimana dengan Gerak Melingkar Beraturan ? jelaskan ! (level 1)
3. Besaran-besaran apakah yang mempengaruhi nilai percepatan sentripetal ? Jelaskan hubungannya ! (level 2)
4. Sebuah roda melakukan Gerak Melingkar Beraturan (GMB). Apakah percepatan sentripetal pada tepi roda dan pada poros roda sama besar ? Jelaskan ! (level 2)
5. Abang Valentino Rossi mengendarai motornya melewati suatu tikungan yang berbentuk setengah lingkaran yang memiliki radius 30 meter. Jika laju sepeda motor bang Rossi 30 m/s, berapakah percepatan sentripetalnya ?
6. Sebuah bola bermassa 100 gram diikat pada ujung sebuah tali dan diputar dengan kelajuan tetap sehingga gerakan bola tersebut membentuk lingkaran horisontal dengan diameter 0,4 meter. Jika kecepatan sudut bola adalah 60rpm, berapa percepatan sentripetalnya ? (level 3)
7. Sebuah tikungan jalan berbentuk seperempat busur lingkaran dengan jari-jari 300 m. Jika sebuah mobil melewati tikungan tersebut dengan kecepatan 50 km/jam, berapa percepatan sentripetal yang dialami mobil tersebut ? (level 3)
8. Jari-jari bumi adalah 6380 km dan melakukan satu kali rotasi selama 24 jam. Berapakah percepatan radial kita ? berikanlah jawaban ada dalam satuan m/s2(level 3)
9. Sebuah mobil balap melaju pada tikungan dengan percepatan radial sebesar 9 m/s2, di mana ini merupakan percepatan sentripetal maksimum yang dapat dicapai mobil tanpa tergelincir keluar dari lintasan. Jika laju mobil adalah 90 km/jam, berapa jari-jari kelengkungan maksimum yang dapat diatasi ? (level 3)
10. Pada sebuah wahana putar, para penumpang bergerak dengan laju tetap dalam sebuah lingkaran berjari-jari 5 meter. Jika satu putaran dilakukan dalam 5 setik, berapakah percepatannya ? (level 3)

1 komentar:

Kumpulan soal usaha dan energi

Soal Impuls dan momentum