Senin, 11 Oktober 2010

Soal perkalian titik dan perkalian silang


Soal perkalian titik
1. Apa yang anda ketahui tentang perkalian skalar ? jelaskan ! (level 1)
2. Mengapa perkalian skalar disebut sebagai perkalian titik dan sebaliknya perkalian titik disebut juga sebagai perkalian skalar ? jelaskan ! (level 1)
3. Dapatkah hasil perkalian titik bernilai negatif ? jelaskan jawaban anda !(level 1)
4. Jika A.B = 0, benarkah A dan B saling sejajar ? buktikan ! (level 2)
5. Bilamana A.B = A.B ? (level 2)
6. Jika vektor A dan B berlawanan arah, bagaimana hasil perkalian skalar dari vektor A dan B ? jelaskan dengan contoh !
7. Buktikan bahwa A.B = B.A ! jelaskan dengan contoh… (level 2)
8. Dua vektor A dan B, masing-masing besarnya 4 satuan dan 5 satuan. Jika sudut yang dibentuk kedua vektor tersebut adalah 60o, tentukan hasil perkalian titik dari vektor A dan B (level 2)
9. Gunakan soal nomor 8 untuk membuktikan bahwa A.B = B.A (level 2)
10. Dua vektor A dan B membentuk sudut 90o. Jika A = 10 satuan dan B = 5 satuan, berapakah hasil perkalian titik kedua vektor tersebut ? (level 2)
11. Hitunglah hasil perkalian titik dari dua vektor berikut ini : P = 6 satuan pada 30o dan Q = 5 satuan pada 120o(level 2)
12. Dua vektor dan Q memiliki pangkal berhimpit, di mana besar P = 4 satuan dan besar = 3 satuan. Vektor P membentuk sudut 30o terhadap sumbu x positif, sedangkan vektor Q membentuk sudut 60o terhadap sumbu x positif. Tentukan hasil perkalian titik dari kedua vektor tersebut ! (level 2)
Soal Perkalian Silang
1. Apa yang anda ketahui tentang perkalian vektor ? jelaskan ! (level 1)
2. Mengapa perkalian vektor disebut sebagai perkalian silang dan sebaliknya perkalian silang disebut juga sebagai perkalian vektor ? jelaskan ! (level 1)
3. Dapatkah hasil perkalian silang bernilai negatif ? jelaskan ! (level 1)
4. Misalnya diketahui dua vektor A dan B. Mungkinkah B = A ? jelaskan ! (level 2)
5. Lanjutan dari soal nomor 4. Mungkinkah A x B = A x B ? jika mungkin, bilamana hal ini terjadi ? (level 2)
6. Dapatkah hasil perkalian silang dari dua vektor = 0 ? Jelaskan ! (level 2)
7. Tunjukkan bahwa jika komponen suatu perkalian vektor dibalik maka hasil perkalian vektor tidak berubah (level 2)
8. Dua vektor A dan B, masing-masing besarnya 4 satuan dan 5 satuan. Jika sudut yang dibentuk kedua vektor tersebut adalah 60o, tentukan hasil perkalian silang dari vektor A dan B (besar dan arah) (level 2)
9. Gunakan soal nomor 8 untuk membuktikan bahwa A x B tidak sama denganB x A (level 3)
10. Dua vektor A dan B membentuk sudut 90o. Jika A = 10 satuan dan B = 5 satuan, tentukan besar dan arah dari A x B dan B x A (level 3)
11. Tentukan hasil perkalian vektor (P x Q dan Q x P) dari dua vektor berikut ini : P = 6 satuan pada 30o dan Q = 5 satuan pada 120o(level 3)
12. Dua vektor dan Q memiliki pangkal berhimpit, di mana besar P = 4 satuan dan besar = 3 satuan. Vektor P membentuk sudut 30o terhadap sumbu x positif, sedangkan vektor Q membentuk sudut 60o terhadap sumbu x positif. Tentukan hasil perkalian silang dari kedua vektor tersebut ! (P x Q dan Q x P)(level 3)
13. Pada perkalian vektor, kita menggunakan menggunakan aturan tangan kanan untuk menentukan arah vektor resultan. Perubahan apa yang terjadi jika kita menggantikannya dengan tangan kiri ? (level 2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kumpulan soal usaha dan energi

Soal Impuls dan momentum